Pengalaman Menemani Klien Serah Terima Unit Asya Cluster Maninjau Februari 2022

Tidak terasa 24 bulan sudah berlalu sejak Klien kami membeli sebuah rumah di Asya, sebuah perumahan mewah di Jakarta Timur yang dikembangkan oleh Astra Property bekerjasama dengan HongKong Land. Jadwal serah terimanya sendiri terbilang masih cukup On Time. Walau pun beberapa waktu kemarin semua industri properti terkena badai cukup hebat bernama Covid 19. Kami respek dan sangat menghargai komitmen Astra Properti untuk bisa tetap menjaga jadwal serah terima sesuai waktu yang dijanjikan. Jujur, cukup deg-degan juga beberapa hari sebelum jadwal serah terima, karena saat pembangunan belum pernah sekali pun melihat ke lokasi. Astra punya operating procedure yang cukup ketat dalam hal produksi. Jadi tidak bisa sembarangan keluar masuk kawasan cluster. 

Dan hari yang dinanti itu pun tiba...

Kami... yaitu saya dan Klien yang sudah beli rumah di Asya sebelumnya, janjian ketemuan di Marketing Gallery untuk bertemu dengan team dari Estate Management yang menyambut kami dengan ramah. Lalu tanpa butuh waktu lama, kami segera pergi ke lokasi cluster rumah yang dipesan sebelumnya, yaitu di cluster Maninjau. Kami convoy beberapa mobil melintasi area Asya yang sedang berlangsung terus pembangunannya. Dan sampailah kami di depan pintu gerbang cluster Maninjau yang terlihat elegan, dan mewah. Satpam, dan petugas di sana menyambut rombongan kami dengan sangat ramah. Lalu kami masuk dan menuju lokasi unit rumahnya. 

Maaf lupa foto gerbang cluster... ^_^


Lokasi di dalam cluster masih banyak jalanan yang ditutup, karena pembangunan terus berlangsung. Banyak petugas berseliweran dengan pakaian konstruksi yang sedang bekerja. Tapi sepanjang jalan sudah terlihat dan terbayang akan seperti apa bentuk cluster perumahan yang digadang - gadang sebagai yang termewah di Jakarta Timur ini. Bangunan rumah baru berdiri menjulang terlihat rapi dan jalanan di dalam cluster nya pun masih terasa cukup lebar. Taman dan pepohonan sudah mulai bertumbuh. Nantinya setelah beberapa waktu, suasananya pasti akan menjadi sangat berbeda. Lebih asri, segar dan rindang. 




1 Menit kemudian... sampailah kami di hadapan rumah yang dipesan sebelumnya oleh Klien kami. Sebuah rumah besar bernuansa putih terlihat begitu mewah dan elegan. Menjulang tinggi 3 lantai tampak gagah berwibawa. Sejenak berdiri tertegun dan kemudian melamun... Tinggal disini bukan saja suasananya berbeda, tetapi pasti tetangganya pun beda. Tidak semua orang mampu beli rumah di sini. Gaya hidupnya tentu saja lebih high class. Beda dengan rumah - rumah di cluster yang biasa. Terlihat pula sky wheel Aeon Mal sangat jelas dari cluster. Jadi kalau mau ngopi, jalan - jalan, kulineran, tidak perlu jauh - jauh. Jalan kaki pun bisa.





Sayup terdengar ada yang mengundang kami masuk, buyarlah lamunan. Lalu kami bergegas masuk ke dalam rumah. Nah disini kami menjumpai ada yang unik dan menarik. Ternyata di dalam rumah sudah tertata sebuah meja, lengkap dengan minuman di atasnya dan ada sebuah AC portabel yang sudah menyala. Jadi ruangan di dalam rumah terasa lebih sejuk dan nyaman. Ini adalah layanan yang sangat terkenal di kalangan marketing sebagai "over expected level". Lebih dari yang diharapkan. Standard operating procedure dari layanan yang memang terasa seperti membeli barang mewah dan mahal. Pada tahap ini, Astra berhasil mengibarkan Service Level Excellence yang berbeda dari perumahan lain. Branding perumahan mewah jadi lebih terasa. Dan tentunya kami juga sangat menghargai detail kecil yang kadang tidak terpikirkan seperti ini, tetapi justru sangat penting dalam menjaga level kepuasan dan perceived quality dari sebuah Premium Brand sekelas Asya. Good job ASYA... We proud of you...!




Prosedur serah terima (hand over) segera dimulai. Petugas dari team estate, tentu saja dengan protokol kesehatan lengkap dengan masker dan face shield, mulai menjelaskan mengenai fitur rumah, fasilitas dan informasi lain yang dibutuhkan. Ada cukup banyak box yang dikemas cukup mewah yang dipresentasikan. Mulai dari kartu akses gerbang cluster, akses kartu pintar untuk pintu utama dan USB yang berisi tata tertib penghuni dan semua manual. Juga disertakan sebuah pouch yang berisi semua anak kunci. Jumlahnya banyak sekali, untunglah semua sudah diberi label, sehingga memudahkan penggunaan. Selain itu juga diinformasikan mengenai penggunaan solar panel, aplikasi khusus untuk penghuni, dan internet termasuk wifi extender yang sudah disediakan. Kemudian juga, yang ternyata melebihi ekspektasi kami adalah bahwa ternyata semua rumah di Asya sudah dilengkapi dengan Anti Rayap pada saat pembangunan. Walau pun kandungan kayu terlihat sedikit, tetapi sebetulnya ini amat sangat penting. Karena bisa dipastikan hampir semua rumah pasti nantinya akan menggunakan interior design yang tentunya juga tidak kalah mahal. Nah sebelum terjadi masalah, rupanya Asya sudah memperhitungkan sebelumya. Di level ini sudah mulai terselip "WOW FACTOR" yang kadang tidak diperhitungkan oleh developer kebanyakan. Satu per satu dijelaskan sampai paripurna. Sangat lengkap, sampai dengan sertifikat kelayakan instalasi listrik pun tersedia. Dan ini yang bikin kepercayaan konsumen meningkat itu kan justru dari hal - hal kecil dan detail yang kadang terlupakan atau terlewat.  








Setelah semua kelengkapan standard dijelaskan, kami lalu di antarkan melihat secara detail setiap ruangan, dan setiap lantai. Kami gembira, karena ternyata kualitas fisik bangunan terlihat rapi dan bersih. Marmer, parquette, sink, toilet, washtafel, lampu, semuanya tidak ada yang terlewat oleh mata kami yang tetiba berubah jadi seperti seorang detektif mencari kesalahan sampai sekecil mungkin.














Di lantai 3, kami kembali mendapati hal positif... Ternyata sudah dipasangkan juga water torrent sekaligus dengan pompa dan mesin pendorongnya. Jadi sudah lengkap dan sangat praktis. Tidak perlu lagi pasang torrent dan pompa sendiri. Tinggal pakai saja. Mungkin para Pembaca juga pernah mengalami prosesi serah terima unit salah satu rumah, produk dari sebuah developer lain. Boro - boro pompa... Kadang lampunya saja satu pun tidak ada. Nah.. ternyata ini lho yang membedakan antara beli rumah kelas premium dengan kelas yang biasa saja. Di sini, semuanya sudah diperhitungkan dengan cermat. Bahkan apa yang kadang tidak terpikirkan.. Ternyata sudah disediakan oleh Asya.






Skip... skip... ternyata kami cukup gembira karena unit ini berhasil lolos dari quality assesment kami. Tentu saja, dengan berjalan-nya waktu dan perubahan cuaca, tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada defect dari hujan seperti bocor atau rembes yang seringkali terjadi. Tapi tenang saja... kan masih ada guarantee atau jaminan pemeliharaan sampai 100 hari ke depan. Kalau ada masalah tinggal isi form di aplikasi HP, lalu petugas akan langsung membereskan dengan segera. 

Jujurly, kami sebetulnya sangat penasaran dengan club house cluster Maninjau ini. Yang digadang - gadang akan menjadi club house cukup mewah. Lengkap dengan kolam renang, gym, yoga deck, dll. Bahkan masuknya saja dengan kartu akses khusus dengan teknologi Face Recognition. Jadi pastinya selain penghuni, tidak bakal bisa masuk ke Club House secara sembarangan. Sayangnya... club house tersebut belum jadi dan belum bisa dikunjungi. Tapi kami sih yakin, kalau melihat dari club house yang sudah jadi di cluster Matana, harusnya club house di cluster Maninjau ini juga akan terbangun dengan kualitas yang sama, atau bahkan lebih mewah lagi.  





Cukup lama juga proses serah terimanya berlangsung, sekitar 2 jam lebih karena ada banyak sekali yang harus diserahkan dan dijelaskan. Saya sering memperhatikan raut wajah dari Klien, ternyata Beliau terlihat senang dan puas. Kami rasa itu sudah menjelaskan banyak hal. Dan justru sebetulnya, itulah moment paling penting buat kami - kami yang bekerja sebagai Sales Perumahan ini. Kadar kepuasan klien yang harus dijaga sampai pada titik terujung dan paling akhir, yaitu ketika pembuktian Final, saat serah terima unit. Dan ini tidak bisa di tawar. Kami harus tetap menjaga komitmen ini sebagai sebuah tanggung jawab sebagai balas karya dari kepercayaan Klien kami yang begitu besar.




Nah... buat Anda yang tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cluster mewah Asya di Cakung, Jakarta Timur yang cuma selangkah dari AEON Mal dan IKEA, langsung klik gambar di bawah ini. Semua denah, layout, pilihan type, dan informasi lainnya sudah lengkap ada di sana. Anda bisa pilih sendiri cluster kesukaan Anda. Karena setiap cluster beda design dan bentuknya. Mumpung masih ada promo sangat menarik yang tersedia. Khusus bulan ini, ada logam mulia, cashback, dan banyak lagi hadiah FREE-nya. Hubungi kami bila ingin bertanya atau ingin mengatur jadwal mengunjungi show unit (rumah contoh). Kalau memang anggaran cukup memadai, akan lebih puas beli yang sudah jelas...




 
Atau kalau mau bertanya lebih lanjut, ngobrol atau diskusi soal harga, KPR, ketersediaan stok dan lainnya bisa hubungi kami via telepon atau whatsapp :

Richard

0813 8303 4837