Tips Agar Pengajuan KPR Lebih Mudah Disetujui Bank

Ketika Anda berencana untuk membeli rumah dengan menggunakan fasilitas pembiayaan KPR melalui bank, salah satu langkah awal yang penting adalah mengajukan aplikasi kredit rumah. Persetujuan aplikasi kredit rumah mungkin tampak membingungkan dan menimbulkan banyak keraguan bagi yang belum pernah mengajukan, tetapi dengan persiapan yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk disetujui. Berikut adalah beberapa tips untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan persetujuan aplikasi kredit rumah atau KPR :



BI CHECKING


BI Checking atau yang sekarang disebut SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) merupakan persyaratan vital yang tidak boleh dilanggar. Pembelian rumah sangat mengutamakan skor SLIK Anda. Pastikan tidak ada status "collect" 4 atau 5. Bila masih terdapat banyak pinjaman yang bersifat konsumtif seperti kartu kredit, pay later, KTA, dan sebagainya, sebaiknya perlu dilunasi terlebih dahulu. Apabila skor SLIK Anda dalam keadaan lancar, maka proses selanjutnya dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya. 

SKOR KREDIT


Sebelum mengajukan aplikasi kredit rumah, pastikan untuk memeriksa skor kredit Anda. Semakin tinggi skor kredit Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk disetujui. Jika skor kredit Anda rendah, upayakan untuk meningkatkannya dengan membayar tagihan tepat waktu, mengurangi utang, dan menghindari penundaan pembayaran. Skor kredit juga dapat ditingkatkan dengan cara menambah saldo sampai dengan yang dipersyaratkan. Pastikan pendapatan / penghasilan Anda tercermin dengan jelas di rekening. Karena ini sangat membantu dalam proses analisa. Akan lebih baik apabila saldo di rekening terlihat terus meningkat dalam 3 atau 6 bulan terakhir. Karena berarti penghasilan masih lebih besar daripada pengeuaran.

TENTUKAN ANGGARAN

Tentukan berapa banyak yang dapat Anda bayarkan setiap bulan untuk cicilan kredit rumah. Ini akan membantu Anda menentukan harga rumah yang sesuai dengan anggaran Anda. Kami dengan hati akan membantu Anda dalam memberikan opsi perumahan yang paling sesuai. Anda juga dapat mencarinya secara mandiri pada website khusus rumah baru kami di alamat : www.richway.pro

Sedangkan perbedaan antara membeli rumah baru dengan rumah second dapat dipelajari pada artikel : https://www.rumahjgc.net/2023/10/beli-rumah-baru-vs-rumah-bekas-second.html

SIAPKAN DOKUMEN PENUNJANG


Persiapkan semua dokumen yang diperlukan seperti slip gaji, laporan bank, dan dokumen pajak, serta dokumen lain yang dibutuhkan. Pastikan semuanya lengkap dan dalam kondisi baik sebelum mengajukan aplikasi.

PILIH PRODUK YANG SESUAI


Ada berbagai jenis produk kredit rumah, seperti misalnya bunga tetap, bunga berjenjang dan produk lainnya. Setiap produk pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing - masing. Pilih yang paling sesuai dengan situasi keuangan Anda. Agar Anda lebih mudah untuk melunasinya di kelak kemudian hari. Team marketing kami selalu melakukan screening dengan menyeluruh. Walaupun terkesan cerewet, tetapi ini semua bertujuan untuk membantu semua konsumen kami dalam menjalani semua proses pengajuan KPR dengan lebih mudah. Dan tentunya lebih Aman buat konsumen karena sudah dari awal memperhitungkan faktor resiko dan cashflow yang sudah lebih terencana.

BEKERJASAMA DENGAN BROKER PROPERTI

Menggunakan jasa agen properti atau broker yang berpengalaman dapat membantu Anda menavigasi proses aplikasi kredit rumah dengan lebih mudah. Mereka dapat memberikan nasihat yang berharga dan membantu Anda menemukan penawaran terbaik. Yang terpenting adalah pastikan bahwa Agen Properti yang melayani Anda sudah mendapatkan sertifikasi dari asosiasi terkait sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku. Setelah Anda memutuskan untuk membeli rumah melalui KPR, maka pihak bank juga akan bekerjasama dengan Agen Properti yang bersangkutan dan menjadi team 3 pihak. Yaitu Anda sebagai konsumen, Bank dan Agen Properti yang menjembatani semua prosesnya. Jadi pastikan Anda bekerjasama dengan Agen Properti yang mengerti semua prosesnya agar jadi lebih mudah. Dan Agen Properti yang baik pun biasanya pantang menyerah. Selalu cari akal agar proses KPR dapat disetujui dan akhirnya proses Akad Kredit dapat dilaksanakan untuk menjamin bahwa Anda mendapatkan rumah yang sudah Anda beli sebelumnya.

SIAPKAN DANA CUKUP


Bank atau lembaga keuangan mungkin ingin melihat bahwa Anda memiliki cadangan dana untuk mengatasi situasi darurat. Simpan sejumlah uang sebagai cadangan untuk meningkatkan peluang persetujuan. Selain itu persiapkan juga dana yang cukup untuk membayar tahap awal. Seperti uang muka / DP, biaya KPR, dan lain sebagainya. Besarnya tergantung dari mekanisme cara bayar yang Anda pilih. Kami juga menyediakan produk - produk perumahan yang memiliki fasilitas subsidi DP ( FREE DP ) supaya meringankan biaya yang dikeluarkan di tahap awal. Anda bisa mencari rumah pada harga dan lokasi yang paling sesuai di website kami : www.richway.pro 

KELOLA HUTANG


Apabila masih memiliki banyak hutang yang belum diselesaikan, seperti misalnya KPR lain, cicilan kendaraan, atau cicilan lainnya, maka sebaiknya perlu dikelola dengan baik sebelum mengajukan pinjaman. Agar kredibilitas keuangan Anda terlihat menarik bagi team analis dari pihak Bank yang Anda pilih. Semakin sedikit hutang Anda, bank akan lebih mudah menyetujui aplikasi KPR karena berarti Anda tidak memiliki tanggungan yang bisa jadi akan memberatkan Anda sendiri di kemudian hari.

TERBUKA DAN IKUTI PETUNJUK


Saat mengajukan aplikasi, Anda akan menjalani proses verifikasi yang ketat. Sebaiknya tidak menyembunyikan informasi keuangan penting atau memiliki catatan kredit yang buruk, karena ini dapat menghambat persetujuan Anda. Selain itu sebaiknya mengikuti petunjuk dan arahan dari pihak Bank dalam setiap prosesnya. Karena ini sangat penting untuk meningkatkan kemungkinan disetujuinya proses KPR.

Pada saat mengajukan KPR, maka kerjasama antara Konsumen, pihak Bank dan Agen Properti sangat dibutuhkan. Kami beberapa kali menemui kasus penolakan kredit, tetapi dengan berjuang bersama, dan setelah melalui proses eskalasi berkali - kali akhirnya bisa disetuji dan Akad Kredit pun berhasil dilaksanakan. Konsumen kami bahagia akhirnya bisa mendapatkan rumah yang selama ini diimpikan.

Kami tahu betul bahwa mendapatkan persetujuan untuk kredit rumah tidak selalu mudah, tetapi dengan persiapan yang matang, Anda dapat meningkatkan peluang Anda. Kami siap membantu dengan memberikan masukan dan mengarahkan untuk tidak memilih hanya 1 bank saja. Agar konsumen bisa mendapatkan perbandingan bunga, biaya, ketentuan dan lain sebagainya. Sehingga konsumen bisa mendapatkan produk keuangan yang paling sesuai dengan keadaan dan kemampuan. Dan yang terpenting adalah meminimalisasi resiko kegagalan bayar di masa depan.

Selamat mendapatkan rumah impian Anda..!

Untuk informasi lebih lanjut tentang seluk beluk proses KPR atau sekedar tanya - tanya bisa hubungi kami melalui telepon atau whatsapp di nomer :

Richard
0813 8303 4837